Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mendidik adalah sebuah Komitmen

Mendidik adalah sebuah Komitmen

Mendidik bukanlah perkara yang mudah, jika kita tidak memiliki ilmu dan wawasan serta pengalaman mengenai hal ini. Mendidik membutuhkan kesabaran yang luar biasa dari kita sebagai pendidik (dosen). Tanggung jawab sebagai dosen tidak semudah membalikkan telapak tangan, begitu besar tanggung jawab ini karena menyangkut masalah pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). 

Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. (UU No.14 Tahun 2005).

Banyak hal yang harus dimiliki untuk mengemban amanah sebagai dosen, bukan hanya cerdas intelektual semata, tetapi membutuhkan keikhlasan, kepedulian, cinta dan kasih sayang. Jadikanlah profesi dosen sebagai panggilan hati, panggilan jiwa dan panggilan keteladanan. 

Para Pendidik (dosen) harus memiliki komitmen yang kuat baik ketika mendidik anak dikelas maupun diluar kelas, dosen tak hanya menjadi guru atau dosen karena dengan kepintaran kognitif semata tetapi milikilah nilai-nilai karakter yang bisa diteladani anak didik. Tentunya menjadi sebagai seorang dosen kita semua siap memposisikan diri sebagai motivator, fasilitator, inovator dan inspirator bagi anak-anak didik kita. 



Post a Comment for "Mendidik adalah sebuah Komitmen "